Rabu, 18 November 2015

Pengertian Profesi & Profesionalisme



1.      Profesi
Merupakan suatu pekerjaan menetap bagi orang yang berkeahlian tertentu yang diperoleh dari suatu pendidikan formal serta berguna bagi kehidupan masyarakat.
2.      Professional
Merujuk pada dua hal, pertama yaitu orang yang memangku suatu profesi melakukan pekerjaannya secara otonom dan mengabdikan diri pada pengguna jasa profesinya dengan penuh tanggung jawab; kedua, kinerja pemangku profesi dalam melakukan pekerjaan sesuai dengan profesinya.
3.      Profesionalisme
Berarti bersifat professional, yaitu pemegang profesi bersifat professional berbeda dengan seseorang yang tidak berprofesi.

Ciri-ciri atau karakteristik suatu profesi :
1.      Profesi itu memiliki fungsi dan signifikansi sosial bagi masyarakat.
2.      Pofesi menuntut keterampilan tertentu yang diperoleh melalui proses pendidikan dan pelatihan yang cukup yang dilakukan oleh lembaga pendidikan yang akuntabel/dapat dipertanggung jawabkan.
3.      Profesi didukung oleh suatu disiplin ilmu tertentu.
4.      Ada kode etik yang dijadikan sebagai satu pedoman perilaku anggota berserta sanksi yang jelas dan tegas terhadap pelanggar kode etik tersebut.
5.      Sebagai konsekuensi dari layanan dan prestasi yang diberikan kepada masyarakat, maka anggota profesi secara perseorangan atau kelompok memperoleh imbalan finansial atau material.

Persyaratan yang harus dimiliki oleh suatu profesi :
1.      Menuntut adanya keterampilan yang didasarkan konsep dan teori ilmu pengetahuan yang mendalam.
2.      Menemukan pada suatu keahlian dalam bidang tertentu sesuai dengan bidang profesinya.
3.      Menuntut adanya tingkat pendidikan yang memadai.
4.      Adanya kepekaan terhadap dampak kemasyarakatan.
5.      Memungkinkan perkembangan sejalan dengan dinamika kehidupan.

       Pengertian diatas, dapat dipahami bahwa profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut, profesi juga memerlukan keterampilan melalui ilmu pengetahuan yang mendalam, ada jenjang pendidikan khusus yang mesti dilalui sebagai sebuah persyaratan

Sumber:
http://nurul-fahriah.blogspot.co.id/2011/03/konsep-dasar-profesi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar